Blogging menjadi cara yang semakin populer bagi pengusaha
untuk mencari nafkah secara online sambil melakukan sesuatu yang sangat mereka
nikmati. Dalam banyak kasus blogger bisa mendapatkan keuntungan dengan sedikit
usaha. Mungkin ada sedikit pekerjaan yang terlibat di awal dengan merancang
metode untuk mendapatkan pendapatan dan mempromosikan situs web, namun begitu
ini ditetapkan, hanya dengan mempertahankan blog dengan postingan biasa mungkin
cukup untuk mempertahankan pendapatan tetap masuk. Dua yang paling populer
Metode untuk menghasilkan keuntungan dari blogging meliputi metode periklanan.
Ini mencakup iklan dengan AdSense dan mengamankan pengiklan independen. Artikel
ini akan membahas dua metode periklanan di blog ini.
Menggunakan AdSense untuk Menghasilkan Pendapatan
Menggunakan AdSense adalah salah satu cara yang paling
populer bagi blogger untuk menghasilkan pendapatan dari blog mereka. Cara ini
sangat populer karena juga sangat sederhana. AdSense adalah program yang
ditawarkan oleh Google dimana blogger setuju untuk memasang iklan di situs
mereka dan diberi kompensasi saat pengguna mengklik iklan ini. Blogger hanya
harus membuat blog dan mengirimkan alamat situs blog serta beberapa informasi
lainnya untuk mengajukan partisipasi di AdSense. Setelah sebuah blog disetujui
pemiliknya diberi kode yang bisa mereka copy dan paste agar iklannya
ditampilkan di blog mereka. Google kemudian melayani iklan yang sesuai setiap
kali blog diakses. Bila memungkinkan, iklan yang disajikan di blog terkait erat
dengan konten blog karena Google merayapi situs web sebelumnya untuk menentukan
iklan mana yang relevan dengan konten. Pemilik blog memang memiliki beberapa
kemampuan untuk menempatkan batasan pada jenis iklan yang mungkin muncul di
blog. Misalnya pemilik blog bisa menentukan iklan dewasa yang tidak akan muncul
di blog dan Google akan menyaringnya.
Bagaimana Iklan di Blog Menghasilkan Pendapatan
Banyak blogger menggunakan iklan di blog mereka untuk
menghasilkan keuntungan. Metode periklanan ini lebih sulit daripada menggunakan
AdSense tapi secara signifikan bisa bermanfaat secara finansial bagi blogger.
Cara periklanan ini mirip dengan jenis iklan bertarget yang sering terlihat di
majalah. Misalnya majalah untuk orang tua sering menampilkan iklan yang akan
menarik perhatian orang tua seperti iklan mainan, pakaian anak-anak atau
makanan yang populer di kalangan anak-anak. Demikian pula majalah untuk pelari
mungkin menampilkan iklan untuk sepatu, pakaian atletik, balapan atau peralatan
latihan. Dalam kasus ini, pengiklan membayar ruang iklan di majalah tersebut
dengan harapan bahwa khalayak majalah tersebut akan tertarik untuk membeli
produk atau layanan setelah melihat iklan ini.
Pemilik blog bisa menggunakan jenis iklan ini namun sulit
mencari pengiklan yang bersedia. Namun, ada beberapa faktor yang bisa membuat
pengiklan lebih mau memasang iklan di blog. Salah satu faktor terpenting bagi
pengiklan adalah jumlah lalu lintas yang diterima blog. Hal ini penting karena
pengiklan yang membayar untuk ruang iklan lebih cenderung berinvestasi di blog
dengan lalu lintas tinggi daripada yang hanya memiliki lalu lintas yang sangat
sedikit.
Faktor penting lainnya bagi pengiklan adalah fokus blog.
Pengiklan cenderung membeli ruang iklan dari blog dengan fokus khusus yang
menarik bagi target pemirsa pengiklan. Seperti contoh yang tercantum sebelumnya
dari majalah untuk orang tua dan pelari, pengiklan ingin beriklan di blog yang
sudah mencapai target audience yang sama.
Blogger yang memanfaatkan iklan di situs mereka dapat diberi
kompensasi dengan berbagai cara. Beberapa pengiklan dapat membayar biaya set
agar iklan tersebut berjalan di situs web dengan jumlah waktu tertentu atau
untuk sejumlah tampilan halaman. Ini berarti pengiklan dapat membeli ruang
untuk jumlah hari, minggu, atau bulan yang ditentukan atau mungkin membeli
ruang untuk beberapa kali iklan dipaparkan ke pengunjung situs web.
Sebagai alternatif pengiklan dapat memilih untuk
mengkompensasi blogger sesuai dengan berapa kali tindakan tertentu terjadi. Ini
mungkin termasuk pengguna yang mengklik iklan atau pengguna yang melakukan
pembelian setelah mengklik iklan. Jenis kompensasi yang ditawarkan harus
dilakukan antara blogger dan pemasang iklan terlebih dahulu untuk menentukan
metode pembayaran yang adil.